Jenis Water Heater dan Cara Perawatan nya

Jenis Water Heater dibedakan dari energi yang dipakai sebagai sumber untuk pemanas. Pada awalnya untuk dapat mendapatkan air hangat kita harus memasak air terlebih dahulu dengan menggunkan kompor atau bahkan mendapatkan langsung dari alam yang terletak di beberapa tempat.

Pada tahun 1868 seorang pelukis asal london yang bernama Benjamin Waddy mulai menemukan energi yang dapat digunakan sebagai pemanas. Waddy membuat alat pertamanya dengan cara kerja yang sangat sedehana. air dingin ditempatkan di bagian atas wadah berupa tabung yang juga diisi jaringan kawat-kawat tipis sebagai pengantar panas dimana dibawahnya diletakkan sebuah alat pemanas berbahan bakar gas. lalu air panas mengalir ke bak mandi tanpa ada nya perantara.

Semakin bertambahnya waktu kini Water Heater banyak dikembangkan lagi karena manfaatnya yang memang sangat diperlukan banyak orang.
Saat ini ada 6 jenis energi yang sudah dimanfaatkan sebagai alat pemanas “Water Heater” yakni sebagai berikut :

1. Water Heater Listrik
alat yang menggunakan energi listrik sebagai energi utama untuk memanaskan air. penggunaan energi ini juga terdiri dari dua tipe, yakni :

a. Instan Electrik Water Heater
b. Water Heater Listrik dengan Penampungan

2. Solar Water Heater
alat yang menggunakan energi matahari sebagai energi utama, sering timbul salah pengertian dengan pemanas air tipe ini. banyak yang menganggap energi panas matahari di tangkap lalu di simpan di baterai yang akan di gunakan untuk memanaskan air di dalam tangki. padahal dari semua water heater yang beredar menurut saya justru tipe ini yang paling sederhana cara kerjanya. Air dingin yang mengalir justru langsung di panaskan matahari di kolektor lalu di simpan di tangki sampai akhirnya dipergunakan.

Solar Water Heater terbagi 2 yaitu sistem pasif dan aktif. sistem pasif cenderung untuk kapasitas kecil buat rumah tangga sedangkan yang aktif biasanya untuk kapasitas besar seperti hotel, rumah sakit dll.

3. Air Conditioning Water Heater
alat ini menggunakan panas freon dari ac sebagai sumber energinya, freon ac yang panas dialirkan ke heat excharger yang memanaskan air di tangki penampungan

4. Heat Pump Water Heater
hampir sama dengan “Air Conditioning Water Heater”, hanya saja di heat pump nya sudah didesain menjadi satu kesatuan untuk air panas.

5. Gas Water Heater
alat ini menggunakan gas (alam/lph) sebagai sumber energi nya utnuk memanaskan air. caranya sama dengan pembakaran dengan kompor gas. pipa yang didalamnya mengalir air dingin langsung dipanasi sehingga air yang keluar langsung panas tanpa harus ditampung lagi.

6. Solar Rubber Pool Heating
alat ini memanfaatkan panas matahri, bedanya “Solar Rubber Pool Heating” ini dikhususkan untuk desain kolam renang. cara kerjanya hampir sama dengan “Solar Water Heater” hanya saja untuk penangkap panas nya menggunakan panel karet agar tahan terdapat chlor atau zat kimia kolam renang. dan sistem nya tidak menggunakan tangki penampungan, justru kolam renang itu sendirilah sebagai tangki penampungan dan di sirkulasi langsung.

Lalu bagaimana cara perawatan nya?

Hubungi kami sekarang juga !!

HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA

Telpon : 081217333145

Alamat : JL. Tubanan Baru F-44, Tandes, Surabaya

  1. Service Kulkas
  2. Service AC
  3. Service Pompa Air
  4. Service Water Heater

 

Quick Link :

Service ac surabaya

service ac sidoarjo

service kulkas surabaya

service kulkas sidoarjo

service pompa air surabaya

service pompa air sidoarjo

service water heater surabaya

service water heater sidoarjo

pengeboran pompa air

tukang ac surabaya

tukang ac professional

Melayani Juga :

 

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami pada Info berikut.

 

mapan jaya teknik

CV MAPAN JAYA TEKNIK

JL. Tubanan Baru F-44, Tandes, Surabaya

24 Jam : 081217333145, 081335140024 (WA)
Website : http://serviceacsby.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *